Sunday , 26 May 2019
Sejarah
Sejarah

Perpustakaan UPJ didirikan seiring dengan berdirinya UPJ dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 38/D/O/2011 tanggal 25 Februari 2011 tentang Izin Pendirian UPJ. Saat ini UPJ berlokasi di gedung baru Jl. Cendrawasih Raya B7/P Bintaro Jaya, Kel. Sawah Baru, Kec. Ciputat Tangerang Selatan Provinsi Banten sejak tanggal 22 Oktober 2015, Perpustakaan UPJ menempati ruang di lantai 4 (empat).

Perpustakaan UPJ memiliki koleksi beragam jenis meliputi buku teks, buku umum, terbitan berkala (jurnal, majalah, dan koran), laporan kerja profesi, skripsi, buku referensi, laporan penelitian dan koleksi multimedia/elektronik (CD-Room dan E-Journal). Sistem layanan yang digunakan adalah sistem layanan campuran (terbuka dan tertutup), dimana pemustaka bisa mengambil dengan sendiri koleksi bahan pustaka dan atau meminta bantuan kepada pustakawan. Layanan yang tersedia di Perpustakaan UPJ, yaitu layanan sirkulasi, referensi, OPAC, internet, pendidikan pemustaka, penyebarluasan informasi, penelusuran informasi eksternal, dan layanan kerjasama perpustakaan dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi wilayah Jawa Barat (FPPT-Jabar).

Perpustakaan Universitas Pembangunan Jaya terdaftar dan memiliki Nomor Pokok Perpustakaan yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional RI. Sistem pengelolaan dan layanan Perpustakaan Universitas Pembangunan Jaya berbasis automasi, yaitu menggunakan aplikasi Senayan Library Management System (Slims) yang sudah lama digunakan oleh perpustakaan pada umumnya, terutama perpustakaan perguruan tinggi. Alat penelusuran sumber bahan pustaka pun sudah berbasis online, yaitu Online Public Access Catalog (OPAC).

Pemustaka yang dilayani oleh Perpustakaan Universitas Pembangunan Jaya memiliki disiplin ilmu/program studi yang beragam, yaitu  Akuntansi, Manajemen, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Sipil dan Arsitektur (www.upj.ac.id). Selain pemustaka internal kami juga melayani pemustaka eksternal, seperti masyarakat umum, dan sivitas akademika dari perguruan tinggi lain.