Sunday , 26 May 2019
Layanan
Layanan
  1. Layanan Sirkulasi. Layanan sirkulasi merupakan ujung tombak jasa perpustakaan karena bagian sirkulasi  berhubungan dengan masalah administrasi peminjaman dan pengembalian koleksi bahan pustaka. Bagian sirkulasi  berkaitan dengan masalah peredaran koleksi yang dimiliki perpustakaan. Tujuan layanan sirkulasi ini adalah memperlancar dan mempermudah proses peminjaman  bahan pustaka untuk dibawa pulang oleh pemustaka.
  2. Layanan Referensi. Suatu kegiatan pelayanan untuk membantu para pemakai pengunjung perpustakaan menemukan informasi dengan cara:
    1. Menerima pertanyaan-pertanyaan dari para pemakai/pengunjung perpustakaan dan kemudian menjawab dengan menggunakan koleksi referensi;
    2. Memberi bimbingan untuk menemukan koleksi referensi dan mencari informasi yang dibutuhkan;
    3. Memberi bimbingan kepada para pemakai tentang penggunaan bahan pustaka koleksi referensi.
  3. Layanan OPAC  (Online Public Access Catalog).Pemustaka dapat menelusuri sendiri informasi koleksi bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan dengan menggunakan komputer OPAC yang disediakan perpustakaan. Dengan katalog online/OPAC ini pemustaka selain dapat mengetahui apakah sebuah buku ada atau tidak, juga dapat mengetahui status buku tersebut, apakah sedang dipinjam atau tidak.
  4. Layanan Internet. Pemustaka diberikan fasilitas internet gratis untuk memenuhi kebutuhan informasi pendukung akademik. Pemanfaatan internet di Perpustakaan UPJ hanya membutuhkan hotspot (Wi-Fi).
  5. Layanan Pendidikan Pemakai. Tidak semua pemakai perpustakaan dapat atau mampu menggunakan perpustakaan dengan baik dan benar. Banyak pemakai perpustakaan tidak mengetahui fungsi katalog, cara penyusunan buku di rak, penggunaan bahan-bahan referensi, penggunaan fasilitas baca yang lainnya dan serta peraturan perpustakaan.
  6. Layanan Penyebarluasan Informasi. Layanan ini merupakan kegiatan layanan pemustaka dengan cara memberitahukan kepada khalayak perihal fasilitas atau berbagai macam informasi yang dimiliki perpustakaan. Dimaksudkan agar informasi atau fasilitas yang ada di perpustakaan dapat diketahui oleh pengguna dan dimanfaatkan secara optimal.

Adapun media yang dapat dijadikan alat penyebarluasan informasi, antara lain :

          a. Daftar Tambahan Buku;

          b. Bibliografi;

          c. Indeks dan Abstrak;

          d. Brosur/leaflet;

         e. Email;

         f. Website.

 

  1. Layanan Penelusuran Informasi Eksternal. Layanan penelusuran informasi yang tersedia, yaitu penelusuran menggunakan OPAC, E-Journal dan E-Book Perpustakaan/Lembaga lain.
  2. Layanan Kerjasama Perpustakaan. Layanan kerjasama perpustakaan merupakan layanan yang saling mengisi kekurangan antara perpustakaan yang satu dengan yang lain. Perpustakaan UPJ menjalin kerjasama dengan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPT) Wilayah Jawa Barat (Kopertis Wilayah IV). Salah satu layanan yang diperuntungkan dalam FPPT-Jawa Barat adalah layanan sirkulasi, yaitu sivitas akademika UPJ, khususnya mahasiswa diperbolehkan meminjam koleksi bahan pustaka di Perpustakaan Perguruan Tinggi lain yang tergabung dengan FPPT-Jawa Barat dengan catatan memiliki Kartu Super/Biru yang ada/tersedia di perpustakaan.