INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Jenis Layanan

Pelayanan  merupakan  unsur  utama  dalam  pencapaian  suatu  keberhasilan organisasi  perpustakaan  disebabkan  bagian  inilah  yang  berhubungan  langsung dengan pengguna dalam penyebaran informasi serta pemanfaatan jasa dan fasilitas yang ada di perpustakaan. Adapun layanan yang ada di Perpustakaan UPJ, yaitu sebagai berikut:

1 Baca di Tempat Layanan baca di tempat pada Perpustakaan UPJ bersifat terbuka untuk sivitas UPJ dan masyarakat umum untuk seluruh koleksi bahan pustaka cetak, sehingga pemustaka dapat memilih secara bebas bahan pustaka yang diinginkannya.
2 Sirklulasi Layanan sirkulasi merupakan ujung tombak jasa perpustakaan karena bagian sirkulasi berhubungan dengan masalah administrasi peminjaman dan pengembalian koleksi bahan pustaka. Bagian sirkulasiberkaitan dengan masalah peredaran koleksi yang dimiliki perpustakaan. Tujuan layanan sirkulasi ini adalah memperlancar dan mempermudah proses peminjamanbahan pustaka untuk dibawa pulang oleh pemustaka.
3 Referensi Layanan referensi merupakan pemberian bantuan kepada pemustaka untuk menemukan informasi dengan cara menjawab pertanyaan menggunakan koleksi referensi, serta memberikan bimbingan untuk menemukan dan memakai koleksi referensi. Layanan referensi menggunakan teknik layanan terbuka, dimana setiap pemustaka dapat mengambil sendiri koleksi referensi secara langsung dari rak khusus referensi.
4 Penelusuran
  • Penelusuran OPAC, yaitu pemustaka dapat menelusur sendiri informasi koleksi bahan pustaka cetak yang dimiliki perpustakaan dengan menggunakan komputer OPAC atau komputer yang disediakan perpustakaan dan atau menggunakan laptop pribadi pengguna. Dengan OPAC ini pemustaka selain dapat mengetahui apakah sebuah buku ada atau tidak, juga dapat mengetahui status buku tersebut, apakah sedang dipinjam atau tidak.
  • Penelusuran Koleksi Digital, yaitu penelusuran koleksi yang menjadi langganan, koleksi digital open access, dan koleksi digital yang tersimpan dalam repository, e-book UPJ.
5 Internet Pemustaka diberikan fasilitas internet gratis untuk memenuhi kebutuhan informasi pendukung akademik. Pemanfaatan internet di Perpustakaan UPJ menggunakan hotspot (Wi-Fi), pojok LAN dan komputer yang tersambung dengan jaringan internet.
6 Literasi Informasi Tidak semua pemakai perpustakaan dapat atau mampu menggunakan sumber informasi. Bimbingan pemustaka bisa berbagai bentuk, orang per orang atau bimbingan kelompok. Pemustaka perlu menggunakan sumber tercetak maupun online untuk menggunakannya secara efektif. Kemampuan yang dibimbing yaitu teknik penelusuran informasi dan penyusunan daftar pustaka menggunakan aplikasi.
7 Silang Layan Layanan ini diberikan perpustakaan kepada pemustaka apabila bahan pustaka yang diinginkannya tidak tersedia di perpustakaan, maka petugas menawarkan jasa ini pada pemustaka. Petugas akan membantu menelusuri keberadaan bahan pustaka melalui OPAC atau koleksi digital langganan perpustakaan lain, apabila telah ditemukan, petugas akan menghubungi pihak-pihak tertentu yang berkaitan dengan informasi yang diinginkan pemustaka.
8 Penyedia Dokumen Layanan ini diberkaitan dengan kebutuhan tertentu, misalkan akreditasi program studi atau akreditasi perguruan tinggi, perpustakaan akan memberikan layanan dokumen penyedia dokumen kepada panitia atau satuan tugas akreditasi.
9 ISBN Layanan ini diberikan kepada sivitas UPJ yang ingin mengajukan nomor ISBN untuk karya tulisnya berupa buku tercetak/e-book (monografi) dan pamphlet, terbitan braille, buku peta, Film, video, software edukatif dll secara online. Nomor ISBN dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional RI yang merupakan Badan Nasional ISBN.